Skip to main content

Daerah penangkapan

Daerah Penangkapan

1. Pengertian Daerah Penangkapan Ikan
Daerah Penangkapan Ikan (Fishing Ground) adalah daerah atau area dimana populasi organisme dapat dimanfaatkan sebagai penghasil perikanan, yang bahkan apabila memungkinkan diburu oleh fishing master yang bekerja di kapal-kapal penangkap ikan dengan menggunakan peralatan penangkapan ikan yang dimilikinya. Fishing ground dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, antara lain : temperatur air, salinitas, pH, kecerahan, gerakan air, kedalaman perairan, topografi dasar perairan, bentuk bangunan dasar perairan (bottom properties), kandungan Oksigen terlarut dan makanan.
Fishing ground dapat ditandai dengan :

1. Distribusi massa air, sebagai akibat adanya daerah pertemuan arus laut Distribusi massa air ini akan membawa dan menyebarkan organisme hidup.
2. Fluktuasi keadaan lingkungan, dapat mempengaruhi beberapa hal :
distribusi, migrasi, pertumbuhan dan reproduksi organisme air termasuk
ikan.

Hewan (ikan) suka mendiami suatu lingkungan untuk :
• tinggal secara permanen.
• hanya lewat saja.
•tinggal untuk jangka pendek sebelum meneruskan untuk berjalan lagi.
Sewaktu hewan (ikan) berada diam di suatu tempat, maka memudahkan mereka untuk ditangkap dengan menggunakan alat penangkap, dan Sejak saat itu daerah tersebut disebut daerah penangkapan ikan (fishing ground).

2. Karakteristik Daerah Penangkapan Ikan
Kondisi-kondisi yang perlu dijadikan acuan dalam menentukan daerah penangkapan ikan adalah sebagai berikut :

a). Daerah tersebut harus memiliki kondisi dimana ikan dengan mudahnya datang bersama-sama dalam kelompoknya, dan tempat yang baik untuk dijadikan habitat ikan tersebut.
Kepadatan dari distribusi ikan tersebut berubah menurut musim, khususnya pada ikan pelagis. Daerah yang sesuai untuk habitat ikan, oleh karena itu, secara alamiah diketahui sebagai daerah penangkapan ikan. Kondisi yang diperlukan sebagai daerah penangkapan ikan harus dimungkinkan dengan lingkungan yang sesuai untuk kehidupan dan habitat ikan, dan juga melimpahnya makanan untuk ikan. Tetapi ikan dapat dengan bebas memilih tempat tinggal dengan kehendak mereka sendiri menurut keadaan dari waktu ke waktu dan dari tempat ke tempat. Oleh karena itu, jika mereka tinggal untuk waktu yang agak lebih panjang pada suatu tempat tertentu, tempat tersebut akan menjadi daerah penangkapan ikan.

b). Daerah tersebut harus merupakan tempat dimana mudah menggunakan peralatan penangkapan ikan bagi nelayan.
Umumnya perairan pantai yang bisa menjadi daerah penagkapan ikan memiliki kaitan dengan kelimpahan makanan untuk ikan. Tetapi terkadang pada perairan tersebut susah untuk dilakukan pengoperasian alat tangkap, khususnya peralatan jaring karena keberadaan kerumunan bebatuan dan karang koral walaupun itu sangat berpotensi menjadi pelabuhan. Terkadang tempat tersebut memiliki arus yang menghanyutkan dan perbedaan pasang surut yang besar. Pada tempat tersebut para nelayan sedemikian perlu memperhatikan untuk menghiraukan mengoperasikan alat tangkap. Terkadang mereka menggunakan trap nets, gill nets dan peralatan memancing ikan sebagai ganti peralatan jaring seperti jaring trawl dan purse seine.
Sebaliknya, daerah penangkapan lepas pantai tidak mempunyai kondisi seperti itu, tapi keadaan menyedihkan datang dari cuaca yang buruk dan ombak yang tinggi. Para nelayan juga harus mengatasi kondisi buruk ini dengan efektif menggunakan peralatan menangkap ikan.

c). Daerah tersebut harus bertempat di lokasi yang bernilai ekonomis.
Ini sangat alamiah di mana manajemen akan berdiri atau jatuh pada keseimbangan antara jumlah investasi dan pemasukan. Anggaran dasar yang mencakup pada investasi sebagian besar dibagi menjadi dua komponen, yakni modal tetap seperti peralatan penangkapan ikan dan kapal perikanan, dan modal tidak tetap seperti gaji pegawai, konsumsi bahan bakar dan biaya perbekalan. Para manajer perikanan harus membuat keuntungan pada setiap operasi. Jika daerah penagkapan tersebut terlalu jauh dari pelabuhan, itu akan memerlukan bahan bakar yang banyak. Jika usaha perikanan tersebut benar-benar memiliki harapan yang besar, usaha yang dijalankan mungkin boleh pergi ke tempat yang lebih jauh. Nelayan yang dalam kasus demikian dapat memperoleh keuntungan dengan manajemen usaha perikanan. Jika kita dapat membuat alat untuk meningkatkan efisiensi usaha perikanan seperti menggunakan mesin perikanan yang lebih efisien, kemudian kita dapat juga memperbesar kapasitas kita untuk menangkap ikan ke tempat yang lebih jauh.

Daerah penangkapan ikan juga dikontrol oleh permintaan pasar untuk ikan. Permintaan untuk produk ikan akan dipengaruhi oleh kapasitas ketersediaan dari tempat tersebut, sebagai contoh, adalah baru saja dikembangkan sebagai daerah penangkapan ikan. Jadi, daerah penangkapan ikan selalu memiliki nilai yang relatif, berhubungan dengan keseimbangan ekonomi, daerah penangkapan ikan lainnya, efisiensi usaha perikanan dan permintaan ikan di dalam pasar. Begitulah, harus selalu berusaha menemukan daerah penangkapan ikan yang ekonomis dan efektif dari metode penangkapan ikan yang dimodernisasi.

Pemilihan Daerah Penangkapan Ikan

Hal pertama yang harus kita ketahui tentang keberadaan daerah penangkapan ikan menurut spesis ikan dan dari musim. Pemilihan daerah penangkapan ikan akan dibahas dengan sesuai pemahaman dari efisiensi, keuntungan dan ekonomi usaha perikanan. Metode pemilihan akan dibahas sebagai berikut :

a). Asumsi awal tentang area lingkungan yang cukup sesuai dengan tingkah laku ikan yang diarahkan dengan menggunakan data riset oseanografi dan meteorologi.

b). Asumsi awal tentang musim dan daerah penangkapan ikan, dari pengalaman menangkap ikan yang lampau yang dikumpulkan ke dalam arsip kegiatan penangkapan ikan masa lampau.

c). Pemilihan daerah penangkapan ikan yang bernilai ekonomis dengan mempertimbangkan dengan seksama jarak dari pangkalan, kepadatan gerombolan ikan, kondisi meteorologi, dan lain sebagainya.

Fishing ground yang baik, apabila mempunyai :
• Karakteristik dari ikan yang menghuninya (seperti sub populasi, umur, ukuran, jangka waktu/lama kehidupan dan tingkat pertumbuhan).
• Jumlah individu ikan (ukuran sub populasi, jumlah ikan yang datang ke fishing ground, jumlah gerombolan ikan dan tingkat kepadatan individu setiap gerombolan).
• Karakteristik fishing ground (seperti letak/posisi, wilayah dan kedalaman air).
• Waktu (seperti musim, lamanya tinggal).

Keadaan yang disukai oleh ikan dan hewan laut lainnya :
• Daerah dengan keadaan faktor fisik optimum (mudah beradaptasi) dengan fluktuasi yang kecil.
• Daerah pertemuan dan puncak up welling yang merupakan kombinasi thermoclin pada perairan yang dangkal.
• Daerah pertemuan 2 massa air yang berbeda, khusus bagi ikan bermigrasi (kuroshio dan oyashio).
• Daerah yang dekat dengan bangunan dasar laut (terumbu karang, topografi yang menghasilkan campuran lapisan air atas dan bawahnya serta organisme yang dibawanya merupakan makanan ikan).
• Daerah yang mempunyai ciri spesifik bagi ikan untuk menempel telurnya
• (rumput laut, bangunan-bangunan atau kapal karam).

3. Klasifikasi Daerah Penangkapan Ikan
Laut mempunyai kedalaman rata-rata 3.800 m, tetapi yang merupakan fishing ground mempunyai kedalaman maksimum 200 m.

A). Berdasarkan Daerah Operasinya.
1. Littoral Zone Fishing Ground
Fishing ground berdasarkan pasang surut :
• Di Jepang kisaran pasang surut 1 – 3 m.
• Di pantai yang menghadap samudra Pasifik kisarannya 0,2 – 0,4 m.
• Di laut Ariake kisarannya mencapai 5 m, di daerah yang pasang surutnya tinggi merupakan fishing ground anak-anak ikan dan jenis ikan karang.
• Di daerah pasang surut teluk, merupakan fishing ground kerang-kerangan dan tiram, dan baik untuk budidaya rumput laut.

2. Coastal Fishing Ground
• Merupakan fishing ground one day fishing.
• Kebanyakan lokasi berada di daerah continental shelf dengan produktivitas yang tinggi (termasuk terumbu karang dan karang buatan).
• Contoh : Fishing ground Bonito dengan menggunakan pole & line,l ong line lepas pantai.

3. High Sea Fishing Ground
• Untuk mencapai fishing ground ini diperlukan waktu 10 hari pelayaran dari tempat pendaratan.

4. Island Waters Fishing Ground
• Merupakan fishing ground di danau, sungai , estuari dsb.

B). Berdasarkan Alat dan Metode Penangkapannya
1. Fixed Trap Net Fishing Ground
• Fishing ground pantai dengan kedalaman beberapa meter sampai maksimal 80 m.
• Fixed net ditempatkan di daerah ruaya ikan dan ikan akan terjebak di jaring.

2. Lift Net Fishing Ground
• Fishing ground dangkal dengan arus lemah.
• Ikan dapat ditarik ke jaring karena faktor umpan atau cahaya.

3. Purse Seine Fishing Ground
• Fishing ground ini mengharapkan ikan dapat terkonsentrasi dan bergerombol dekat dengan permukaan dengan gerakannya lamban dengan bantuan rumpon.
• Fishing ground ini dengan arus kecil serta tidak ditemukan terumbu karang atau tonggak-tonggak di bawahnya.

4. Trawl Net Fishing Ground
5. Gill Net Fishing Ground
6. Angling Fishing Ground

C). Berdasarkan Jenis Ikan Target Penangkapan
1. Sardine Fishing Ground
2. Mackerel Fishing Ground
3. Bonito Fishing Ground
4. Tuna Fishing Ground

D). Berdasarkan Habitat Ikannya.
1. Demersal Fishing Ground
2. Pelagic Fishing Ground
3. Shallow Fishing Ground

E). Berdasarkan Kedalaman Perairannya.
1. Shallow Sea Fishing Ground
2. Deep Sea Fishing Ground

F). Berdasarkan Nama Perairannya.
1. Cina Selatan Sea Fishing Ground
2. Banda Sea Fishing Ground
3. Samudera Sea Fishing Ground
4. Arafura Sea Fishing Ground

G). Berdasarkan Letak Perairannya.
1. Laut Fishing Ground
2. Sungai Fishing Ground
3. Danau Fishing Ground
4. Rawa Fishing Ground

referensi
http://www.scribd.com/doc/35041471/Daerah-Penangkapan-Ikan
http://mukhtar-api.blogspot.com/2010/05/daerah-penangkapan-fishing-ground.html

semoga bermanfaat.amin

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menu MPASI 30 Hari baby Alula

Jadi setelah sebelumnya ibum bikin ringkasan ttg menu sesuai umur selesai. Ibum bingung pilih kombinasi menu makan nya dede Mulailah ibum cari cari, dan setelah nemu ig Dr meta hanindita ibum bikin menu makan sesuai referensi dr buku mommyclopedia Menu itu ibum sesuaikan dan diberi selingan Bismillah Semoga lancar Sumber : Menu mpasi 6 - 8 bulan buku #mommyclopedia Tanya jawab tentang nutrisi di 1000 Hari pertama kehidupan anak --Disesuaikan--

Pengalaman makan di Mashu yakiniku & shabu shabu all you Can eat di cirebon

Jadi ibum sm ayah nyoba all you Can eat di Mashu Pas masuk ke Mashu di sebrang st prujakan 1. Ditanya mau makan di Mashu ka? 2. Di arahkan naik ke lt 2 3. Duduk, dan di tanya ini baru kesini atau sudah pernah 4. Karna blm pernah. Ibum di jelasin jenis jenis daging 5. Di tawari chicken karage, kentang goreng, somay, bakso Makanan free refill by order 1. All beff Awal dikasih 8 piring beff (4 macam) Selanjutnya tinggal order aja lagi 2. Sushi 3. Kentang goreng, somay, bakso, katsu Setau ibum itu Makanan minuman free refill ambil sendiri 1. Minuman (es teh, lemon tea, dan jus jeruk, teh panas) 2. Ikan, udang, cumi, sayur, isian tomyam, puding dll 3. Ice cream ice 4. Saus 5. Nasi S & K 1. 135k /person dewasa 2. 72k / person kid 3. Waktu 90 menit 4. Kena charge 40k/100 gr makanan yg ga abis 5. Jgn d bawa pulang TIPS 1. jangan kalap, dan semua mua d ambil Tenang isi buffet engga akan pergi kemana mana 2. Selesain satu satu Yakin bakalan kekenyangan Ibu

Pengetahuan dasar persiapan MPASI baby Alula

Assalamualaikum Akhirnya setelah Baca Baca dan drama drama ttg mpasi Ibum bisa ngerangkum bbrp Hal yg perlu ibum tau buat persiapan mpasi baby alula Ibum Rasa masih banyak yg kurang Dan perlu di pelajari. Jadi ibum juga but uh masukan Dr bu ibu yg sudah berpengalaman. Semoga Tulisan ini bermanfaat. Kalau gambar aga burem. Lbh jelas pdf Tapi ibum ni blm tau Cara upload pdf nya.  Ada yg bisa Kasih tau ibum Gimana carany?  #mpasi #persiapanmpasi #menumakansesuaiumur #mpasi6bulan #strategipemberianmpasi #mpasi4bintang #menu4bintangmpasi